Sejarah Singkat

Untuk meningkatkan mutu STTBK secara berkelanjutan, maka pengelolaan STTBK membutuhkan Sistem Penjaminan Mutu (SPM). Pada tahun 2018, Ketua STTBK membentuk tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dengan tugas melaksanakan sistem pembinaan, pemantauan dan evaluasi. dengan SK Ketua No. 55/STTBK-KET-SK/X/2018 beranggotakan delapan (8) orang, diketuai oleh Dr. Silas Sudarman, M.Pd.

Sejalan dengan program Dikti untuk penyehatan organisasi melalui inisiasi pembentukan unit penjaminan mutu, maka SPM STTBK lebih bersifat quality assurance dan quality improvement bidang akademik termasuk Akreditasi Program Studi S-1 (Teologi dan PAK) sesuai SK Ketua No. 55/STTBK-KET-SK/IX/2018 tentang pembentukan Pusat Penjaminan Mutu (PPM STTBK) dengan anggota delapan (8) orang. Tugas tim akan diperbarui tiap tahun melalui SK Ketua sesuai dinamika dan kapasitas STTBK. Berdasarkan SK Ketua maka tugas tim PPM STTBK diperpanjang dengan tugas melanjutkan kegiatan sebelumnya.

Visi, Misi, Tujuan dan Pelayanan

Pusat Penjaminan Mutu Sekolah Tinggi Teologi Baptis Kalvari (PPM STTBK) memiliki  visi memberdayakan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di STTBK untuk menjadi STT yang dikenal di tingkat Nasional dengan wawasan Global.

Untuk mewujudkan visi tersebut, PPM STTBK menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan dan mengimplementasikan SPMI di STTBK secara berkelanjutan.

  2. Berpartisipasi aktif dalam pengembangan Christian leadership

  3. Menjadikan STTBK sebagai study center dalam SPMI.

Seluruh kegiatan PPM ditujukan untuk:

  1. Menjamin mutu pelaksanaan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berintegritas, profesional, bertanggungjawab, mampu mengembangkan diri dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.

  2. Menjamin mutu penelitian dan pengabdian masyarakat yang meningkatkan kesejahteraan gereja dan masyarakat di tingkat nasional dan internasional,

  3. Meningkatkan perbaikan sistem manajemen mutu secara berkelanjutan menuju Sekolah Tinggi Teologi yang terbaik.

Tugas utama PPM, sesuai Peraturan Ketua Nomor 01/STTBK-KET-SKDOC/X/2018 pada tahun 2018, adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan SPMI STTBK.

  2. Mengendalikan standar mutu melalui sistem Audit Internal Mutu (AIM).

  3. Mengendalikan pelaksanaan Sistem Monitoring dan Evaluasi (Monev)

  4. Mengendalikan penerapan standar akreditasi dan/atau sertifikasi untuk peningkatan kualifikasi program studi dan/atau institusi, tingkat nasional dan/atau internasional.

  5. Meningkatkan kompetensi dan kualifikasi SDM secara berkelanjutan.

  6. Mengembangkan hasil AIM sebagai masukan untuk Ketua STTBK.

 

Struktur Organisasi

Untuk mencapai keberhasilan misi tersebut, PPM STTBK mengembangkan struktur organisasi yang terdiri dari ketua, sekretaris, kepala bidang (kabid) dan anggota. Tim PPM STTBK terdiri dari 17 orang dosen perwakilan dari masing-masing program studi dan  7 orang staf administrasi

Gambar Struktur Organisasi PPM

Tim PPM yang terlibat dalam organisasi 2018 dapat dilihat di halaman Sumber Daya Manusia.

Sesuai struktur organisasi PPM STTBK menetapkan tugas  pokok  dan  fungsi masing-masing personil sebagai berikut:

Ketua

  1. Menjadi pimpinan puncak (top management) bagi implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal

  2. Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh setiap kepala bidang PPM.

  3. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas PPM dan melaporkannya kepada Ketua .

 

Sekretaris

  1. Membantu Ketua PPM sebagai wakil manajemen (management representative) dalam koordinasi, perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan sesuai mandat berikut anggarannya.

  2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat-menyurat yang berkaitan dengan PPM dan mengarsipkannya.

  3. Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan kaji ulang manajemen (management review), rapat rutin, rapat koordinasi, pengelolaan umpan balik, dan rapat evaluasi kegiatan.

  4. Bertanggung jawab atas penyusunan konsep laporan kegiatan rutin dan insidental di PPM.

  5. Bertanggung jawab atas pemutakhiran dan review profil PPM berbasis teknologi informasi.

  6. Bertanggung jawab kepada Ketua PPM.

Kepala Bidang SPMI

  1. Menyusun dan mengembangkan SPMI berikut dokumentasinya di STTBK.

  2. Mengkoordinir pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi SPMI di STTBK bekerjasama dengan Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan Unit Jaminan Mutu (UJM).

  3. Mengkoordinir unit kerja di STTBK dalam menerapkan standar mutu STTBK.

  4. Bertanggung jawab kepada Ketua PPM.

Kepala Bidang Audit Internal Mutu

  1. Menyusun dan mengembangkan sistem AIM bidang akademik berbasis teknologi informasi untuk mengendalikan ketercapaian standar mutu.

  2. Mengkoordinir pelaksanaan, pemantauan, evaluasi hasil audit internal di semua unit kerja, berikut tindak lanjut perbaikan dan dokumentasinya.

  3. Mengoordinir pengembangan sumber daya manusia untuk pelaksanaan AIM.

  4. Bertanggung jawab kepada Ketua PPM.

Kepala Bidang Akreditasi Nasional

  1. Mengkoordinir pengembangan untuk menjamin peningkatan kualifikasi akreditasi nasional.

  2. Mengkoordinir pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan sistem pendampingan penyusunan dokumen, serta persiapan visitasi akreditasi nasional.

  3. Mengkoordinir pengembangan sumber daya manusia untuk menjamin peningkatan kualifikasi akreditasi nasional.

  4. Memantau kemajuan proses akreditasi melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

  5. Bertanggung jawab kepada Ketua PPM.

Kepala Bidang Monev

  1. Mengkoordinir pelaksanaan Monev bekerja sama dengan Satuan Pengawasan Internal (SPI) dan pembuatan laporan pada tengah dan atau akhir tahun.

  2. Mengkoordinir pelaksanaan evaluasi proposal Program Hibah Kompetisi (PHK) institusi sebelum dikirim kepada pihak pemberi dana.

  3. Mengkoordinir pengembangan sumber daya manusia untuk pelaksanaan Monev PHK.

  4. Bertanggung jawab kepada Ketua PPM.

 

Anggota Bidang

  1. Membantu Kepala Bidang dalam penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan program, serta pengembangan sistem.

  2. Bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Staf Pendukung

  1. Membantu pengelolaan kegiatan sekretariat, sistem dokumentasi, sumber daya manusia, keuangan, aset, sistem informasi, dan management review.

  2. Membantu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut program PPM sesuai mandat.

  3. Membantu pekerjaan lain terkait tugas PPM.

 

Program Kerja

Program kerja Pusat Penjaminan Mutu (PPM) 2018 adalah sebagai berikut:

A. MANAGEMENT PROGRAMS

  1. Rapat Kerja PPM

  2. Penyusunan Program Kerja 2019

  3. Retrukturisasi dan revisi TUPOKSI (Tugas Pokok dan Fungsi) PPM

  4. Evaluasi kepuasan masyarakat

  5. Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik di PPM

B. BIDANG SPMI

  1. Penyusunan dan Sosialisasi Dokumen Standar Mutu Sekolah Tinggi Teologi Baptis Kalvari (SM STTBK) dan SPMI STTBK

  2. Penyusunan dan Sosialisasi Dokumen Kebijakan SPMI, SOP STTBK

  3. Pendampingan Pelaksanaan dan pengendalian SPMI

  4. Penyusunan Action Plan atas Temuan Audit Internal dan Audit Eksternal

C. BIDANG AIM

  1. Presentasi Tindaklanjut Temuan AIM Tahun 2017

  2. Audit Internal Mutu (AIM) (Jurusan, Program Studi)

  3. Audit Internal Mutu (AIM) (Biro, Lembaga, Unit)

  4. Evaluasi, Pengembangan AIM

  5. Diseminasi Temuan Audit Internal Mutu 2018

  6. Evaluasi kepuasan kinerja AIM

D. BIDANG MONEV PHK

  1. Pengembangan SOP & Sistem Monev dengan berkoordinasi PPM dan SPI

  2. Seleksi proposal PHK internal

  3. Monev PHK dua kali dalam setahun

  4. Evaluasi kepuasan layanan

E. BIDANG AKREDITASI NASIONAL

  1. Pemutakhiran SOP terkait akreditasi nasional

  2. Pendampingan penyusunan, simulasi dan visitasi akreditasi prodi

  3. Pemantauan & Evaluasi Hasil Akreditasi BAN-PT

  4. Penyediaan informasi untuk Sertifikasi Asesor Akreditasi BAN-PT

  5. Sosialisasi Instrumen Akreditasi dan Pelatihan Penyusunan Dokumen Akreditasi PS

  6. Akselerasi peningkatan akreditasi prodi/insitusi terakreditasi dari C ke B

  7. Pendampingan Pengawasan akreditasi BANPT

  8. Pendampingan upload dokumen akreditasi melalui SAPTO

  9. Evaluasi kepuasan layanan

G. BIDANG PELAYANAN MUTU

  1. Pelayanan kepada Masyarakat & Website

  2. Sertifikasi Auditor Internal Mutu

  3. Sertifikasi reviewer proposal PHK

  4. Sertifikasi reviewer monev PHK

  5. Evaluasi kepuasan, monevin dan pembuatan laporan

 

Sumber Daya Manusia

Keterlibatan setiap personil dalam PPM STTBK sangat berpengaruh besar terhadap mutu produk jasa layanan. Di dalam organisasi PPM STTBK, setiap personil memiliki kompetensi berdasarkan pendidikan, pelatihan dan pengalaman. Ketua PPM STTBK akan selalu memastikan bahwa kompetensi dan pengalaman yang dibutuhkan sesuai dengan standar kinerja organisasi yang efektif.

Personil PPM STTBK adalah perwakilan dari masing-masing program, dipilih sesuai rekomendasi sejawat dan atas persetujuan Ketua STTBK dan pimpinan program. Berikut ini adalah personil PPM STTBK saat ini, sesuai struktur organisasi:

  1. Dr. Silas Sudarman, M.Pd. (Ketua)

  2. Sarolie Tafonao, M.Pd.K (Sekretaris/ Staf)

  3. Dr. Sahala Martua Solin, M.Th. (Kepala Bidang SPMI)

  4. Dr. Agus Budiono, M.Pd. (Kepala Bidang AIM)

  5. Dr. Stephanas Budiono, M.Th. (Kepala Bidang Akreditasi Nasional)

  6. Dr. Denny Andreas, M.Th. ( Kepala Bidang Pelayanan Mutu)

  7. Bara Izza Wiwah Handaru, M.Th. ( Anggota Bidang SPMI)

  8. Ivon Rahmani, M.Th. (Anggota Kepala Bidang AIM)

  9. Herdemei Saerang, M.Th. (Anggota Bidang Akreditasi Nasional)

  10. Lili Manopo, M.Th. (Anggota Kepala Bidang Pelayanan Mutu)

  11. Hanock Herkanus Hamadi, M.Th. (Anggota Bidang Akreditasi Nasional)

  12. Gian Gideon Akin, M.Th. (Staf Bidang Pelayanan SPMI)

  13. Tita Langi, S.Pd. (Staf Bidang Pelayanan Mutu)

  14. Sean Anwar Wijaya, S.Th. (Anggota Bidang SPMI)

  15. Yefta (Staf Bidang Pelayanan Umum dan Administrasi Perkantoran)

  16. Harius (Staf Bidang Keuangan)

 

Prestasi

Demi menjalankan tugas pokok dan fungsi dalam mengembangkan sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), PPM STTBK berharap mendapatkan apresiasi yang baik dari civitas akademika STTBK dan stakeholders eksternal.

Beberapa program dan aktivitas tersebut antara lain:

Sekolah Tinggi Teologi Baptis Kalvari (STT Baptis Kalvari)

Jl. Gunung Sahari VI No.36 RT.7/RW.5 

Gn. Sahari Utara, Sawah Besar,

Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10720, Indonesia

+62 (818)-0291-9192

  • Facebook Social Icon

©2018 by Sekolah Tinggi Teologi Baptis Kalvari (STT Baptis Kalvari).